Berita Terbaru

Produk Terbaru

Recent Posts

Nursery Room, Apa Itu?

Saya adalah seorang ibu yang memiliki anak yang baru saja berusia 1 tahun. Sejak melahirkan di salah satu rumah sakit ibu dan anak, di sana saya belajar banyak hal mengenai bayi. Menyusui dan mengganti diaper menjadi kegiatan sehari-hari saya dan suami. Pergi ke mana pun kami pasti selalu membawa diaper cadangan, tisu basah, alas kain untuk alas saat ganti diaper, plastik sampah, tisu, minyak telon, dan lain sebagainya perlengkapan bayi. Beda dengan jaman kuliah dulu yang cuma bawa buku dan pulpen hahahaha. Ketika anak saya berusia 4 bulan, saya dan suami mengajak anak saya untuk imunisasi di rumah sakit Puri Bunda, …

Lanjut membaca »

Nggak Ngopi Dulu?

Sejak bekerja untuk pertama kalinya setelah lulus kuliah, saya mulai jatuh cinta sama kopi. Kebayang donk, yang dulunya bangun jam 8 pagi buat bimbingan doank, trus siangnya pulang dan tidur, malamnya begadangin skripsi, besoknya bangun siang lagi and repeat terus. Jadi dulu-dulu kalo ngantuk ya tinggal tiduran, atau palingan ngantuk karena bosen, bisa jalan-jalan atau cemil-cemil. Sejak bekerja, nah mulai deh itu ngantuk nggak jelas muncul padahal nggak begadang. Hanya karena harus stand by 8-5 (maksudnya jam 8 pagi sampai jam 5 sore), harus tetap di depan monitor. Jadi penyakit ngantuk mulai menghantui. Awalnya sih saya malu. Masak cewek minum …

Lanjut membaca »

Memperbaiki TV LCD Rusak Pudar

Sebulan lalu saya dapet sebuah tv LCD service an dengan ukuran 32″. Rusak tv nya itu adalah warna nya nge blur atau burem. Pas tak nyalain suara normal, gambar ada, cuman pas ada siaran ternyata warnanya seperti pudar atau hilang kecerahan warna dan juga kadang kadang hanya berbayang putih saja. setiap merk memiliki kerusakan yang berbeda walaupun mungkin komponen yang rusak adalah sama. Langsung aja saya bongkar tv nya, karena tv lcd nya tipe sangat lama alias jadul :D jadi ukuran nya masih terbilang sangat tebal dan berat. Masih terdiri dari sebagian besar rangka logam untuk menopang panel lcd, backlight …

Lanjut membaca »

Membuat Saklar SMS Arduino

Saklar, kita tau fungsinya paling umum adalah untuk menyalakan lampu di rumah :D Siapa yang belum tau hayoo.. anak kecil aja kalau kita suruh hidupin lampu dengan menekan saklar pun akan tau. Ada banyak jenis saklar yang ada, mulai dari fungsi nya sampai dari segi bentuk nya. Dilihat fungsinya saklar yang ada di rumah tangga biasanya menggunakan jenis saklar tunggal. Saklar tunggal itu yang satu saklar dapat menghidupkan satu atau beberapa bebean listrik secara bersamaan dalam satu jalur. Coba aja cek kamar kamu, lampu kamar kamu tentunya cuma bisa dinyalakan dari satu saklar aja kan? nah itu namanya saklar tunggal. …

Lanjut membaca »

Membuat Penggaris Digital Arduino

Mau tau cara bikin penggaris digital dengan arduino? Penggaris seperti kita tau adalah alat yang dipakai untuk mengukur jarak antara dua titik ukur. Atau sederhananya ya mengukur panjang benda lah. Penggaris paling sering banget kita pakai pas sekolah, mau itu dipakai untuk bikin garis, atau dipakai untuk membuat gambar berdasarkan ukuran, karena walau namanya “penggaris” pembuat garis, selalu ada angka sebagai ukuran di permukaan nya. Normalnya yang kita pakai di indonesia dengan satuan cm. Alat yang lebih panjang lagi dari penggaris yaitu meteran :D karena panjang nya biasanya buat ngukur benda atau jarak yang ber meter meter panjang nya. Biasanya …

Lanjut membaca »

Rangkaian Monitoring Suhu Lewat SMS

Membuat alat atau rangkaian monitoring suhu lewat sms ini sebenarnya sudah beberapa tahun lalu saya buat. Alat tersebut dapat menginformasikan suhu yang terbaca pada suatu ruangan dengan mengirimkan sms secara otomatis saat batas suhu yang telah ditentukan dicapai atau dilewati. Kalau pada project yang lalu saya menggunakan sebuah modem serial yaitu modem wavecom sebagai alat untuk komunikasi lewat sms nya. Modem tersebut ukuran nya sangat besar, ditambah perlunya sebuah adaptor atau catu daya untuk dapat menyalakan modem tersebut. Komunikasi data ke mikrokontroler pun masih dalam level RS232, yang artinya kita harus membuatkan rangkaian tambahan yaitu konverter RS232 ke TTL. Nah …

Lanjut membaca »

Membuat Jam Digital Alarm

Nah ngomongin soal jam digital nih, kalian uda liat belum artikel saya tentang jam digital yang sederhana pada postingan sebelum nya? Jam digital yang akan kita bahas kali ini kan sebuah jam digital yang ada alarm nya dengan menggunakan mikrokontroler, untuk kamu yang masih awam bisa main ke artikel sebelumnya dulu nih dengan judul “Rangkaian Jam Digital Sederhana“. Pada artikel tersebut saya membuat jam digital tanpa perlu melakukan programming, kenapa? karena ic yang saya gunakan untuk membuat jam tersebut tidak menggunakan IC mikrokontroler seperti artikel yang ini “Membuat Jam Digital Alarm” Untuk dapat membuat Jam Digital Alarm ini tentunya ada …

Lanjut membaca »

Membuat Pemanas Induksi Sederhana

Pemanas induksi atau yang bisa disebut juga induction heater adalah sebuah alat atau rangkaian yang mampu menghasilkan panas dan memanaskan benda dengan sistem induksi. Benda yang dipanaskan tersebut mendapatkan sumber panas dari induksi medan magnet yang sangat cepat, panas bukan berasal dari sebuah elemen pemanas yang panas ketika diberikan sumber tegangan. Karena sistem nya adalah induksi, tentu saja akan ada lilitan sebagai yang menginduksi benda. Dalam ujicoba saya, beberapa menit pertama saat memanaskan sebuah besi, lilitan utama yang saya gunakan untuk memanaskan itu terasa tidak panas namun benda yang dipanaskan menjadi membara. Namun beberapa menit kemudian lilitan tersebut menjadi hangat …

Lanjut membaca »